Pengobatan Dan Perawatan Setelah Ayam Jago dilaga

Pengobatan Dan Perawatan Setelah Ayam Jago dilagaDalam dunia sabung ayam memang setiap pemain memiliki cara yang unik tersendiri dalam memelihara dan merawat ayamnya. Kadang mungkin cara yang benar dianggap salah dan cara yang salah dianggap benar oleh pemain ayam. Jika anda memang pemain ayam maka anda akan punya cara tersendiri dalam melakukan perawatan ayam anda. Saat melakukan adu ayam kadang anda menganggap kalau ayam adalah jagoan terbaik di gelanggan dan meremehkan lawan ayam anda.

sabung ayam sv388 – Untuk ayam anda yang memiliki daya tahan tubuh bagus belum tentu tidak memiliki luka yang beresiko untuknya. Karena hal ini anda harus memperhatikan tenaga dan hal lainnya yang bisa membuat ayam anda drop setelah laga. Selama bertanding mungkin ayam anda terlihat biasa saja tapi setelah ayam anda diangkat maka anda akan melihat kelelahannya si ayam. Tidak hanya sebelum dilaga, tapi setelah ayam selesai dilaga anda harus melakuan beberapa perawatan.

Langkah Merawat Ayam Setelah Laga

  1. Setelah keluar di gelanggang maka anda bisa memberikan pertolongan ringan dengan membersihkan ayam dan luka-luka pada ayam. Anda bisa teteskan langsung cairan antibiotika pada luka.Pemberian obat luka seperti larutan yodium,yg membakar kulit akan meninggalkan keropeng yg membutuhkan waktu untuk rontok atau mengelupas. Suntikkan antibiotik tadi pada badan ayam dan teteskan juga pada luka di badan si ayam akibat jalu lawannya. Hentikan segera pendarahan,biasanya bebotoh menggunakan bubuk kopi, kalau terjadi pendarahan hebat,usahakan dijahit. Teteskan juga cairan antibiotik pada luka yg dijahit setelah itu kandangkan di tempat yang jauh dari ayam lain.
  2. Sehari setelah ayam anda dilaga maka anda bisa memberikan jenis makanan dan ramuan yang bisa menambah tenaga ayam anda. Cara sederhananya adalah memberikan air rebusan daun serai dan jahe, anda bisa meminumkan air rebusan tersebut setelah dingin. Ayam yang dalam masa ini biasanya memiliki nafsu makan yang kurang sehingga mau tidak mau anda bisa memasukan makanan ke mulut ayam anda. Anda bisa memberikan makanan yang mudah di cerna untuk ayam anda seperti nasi , pur yang sudah basahi dan lainnya
  3. Jika ayam anda sudah mulai berkokok maka anda harus menjaga ayam anda dengan baik agar tidak beradu dengan ayam lain. Pada masa ini aya m anda belum benar-benar pulih dan kalau ayam anda bertarung dengan ayam lain maka dia bisa trauma dan mental ayam anda down.

sv388 – Jika ayam anda sudah benar-benar sembuh maka anda bisa sesekali menjajal ayam anda agar tidak terlalu kaku saat anda ingin melaganya lagi. Tapi anda jangan menjajal terlalu berlebihan karena bisa beresiko untuk ayam anda. Kira-kira ayam anda sudah siap tempur lagi maka anda bisa melakukan perawatan rutin seperti memberikan pakan jagung, abar, lari, dan perawatan lainnya.

, , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *